BERSAING DENGAN RIBUAN PESERTA DARI BERBAGAI DAERAH, AGUS SAHRUL MUBARICH, M.Pd, GURU BAHASA INDONESIA MAN 1 GRESIK LOLOS SELEKSI INSTRUKTUR PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI) TAHUN 2024

MAN 1 Gresik bertabur prestasi. Tidak hanya prestasi yang diraih oleh peserta didiknya saja, namun kini prestasi yang diraih oleh tenaga pendidik di MAN 1 Gresik. Prestasi membanggakan kali ini dipersembahkan oleh salah seorang guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Guru tersebut yaitu Bapak Agus Sahrul Mubarich, M.Pd.

Beliau berhasil lolos seleksi Instruktur pelatihan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tingkat nasional. Sebelum dinyatakan lolos sebagai instruktur pelatihan AKMI, Pak Agus harus menyisihkan ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta yang mengikuti seleksi tidak hanya dari kalangan guru, namun juga dosen dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.
Sebelum dinyatakan lolos seleksi pada hari Selasa tanggal 6 Agustus 2024, proses yang dilalui pun berliku. Menurut guru alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Surabaya tersebut, ia harus menjalani serangkaian seleksi yang dimulai pada bulan Juni 2024. Seleksi pertama yang harus dilalui yaitu seleksi administrasi berkas. Dalam pengumpulan berkas dipilih formasi instruktur AKMI literasi membaca. Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, berikutnya harus mengikuti tes tulis. Karena yang memilih formasi literasi membaca, maka soal yang diujikan merupakan soal yang ada kaitannya dengan penguasan teks, penguasan informasi yang disajikan dalam bentuk nonverbal seperti diagram, grafik, gambar. Kemudian dari informasi tersebut peserta seleksi harus bisa mengambil sebuah simpulan atas informasi yang disajikan.

Setelah dinyatakan lolos seleksi tes tulis, tahapan berikutnya yaitu mengerjakan soal psikotes. Soal psikotes yang harus dikerjakan sejumlah 100 soal. Durasi pengerjaan yaitu selama 120 menit. Pengerjaan psikotes pun dilalui dengan pengawasan yang cukup ketat secara daring oleh panitia seleksi AKMI.

Keberhasilan yang diraih oleh Bapak Agus Sahrul Mubarich, M.Pd diapresiasi oleh Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pdi. beliau mengucapkan selamat kepada salah satu tenaga pendidik yang dipimpinnya dapat lolos seleksi instruktur pelatihan AKMI. Apalagi seleksi yang diikuti merupakan seleksi di tingkat nasional dan harus bersaing dengan guru madrasah lain yang ada di Indonesia. Keberhasilan yang diraih ini menunjukkan bahwa MAN 1 Gresik merupakan madrasah yang berprestasi. Prestasi yang diraih tidak hanya dipersembahkan oleh siswa, namun juga dipersembahkan oleh tenaga pendidik dan pegawai di madrasah yang berada di Kecamatan Bungah tersebut.

Leave a Comment