SEMARAK OPENING CEREMONY MATSAMA 2024 DI MAN 1 GRESIK, KEPALA KANTOR KEMENAG KABUPATEN GRESIK DAN PIMPINAN MADRASAH TEKANKAN PENTINGNYA PENGUATAN KARAKTER MODERASI BERAGAMA

Hari pertama memasuki tahun ajaran baru atau tepatnya tanggal 15 Juli 2024, MAN 1 Gresik selenggarakan apel pembukaan Mastama 2024. Tidak hanya peserta Matsama saja yang mengikuti apel, namun seluruh siswa kelas XI dan kelas XII juga turut serta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut juga menjadi penanda awal dimulainya tahun ajaran baru 2024/2025.

Sejak pagi degup kegiatan madrasah yang beralamat di Jalan Raya Bungah 46 Bungah Gresik mulai terasa. Siswa baru yang datang dari berbagai daerah mulai memasuki MAN 1 Gresik pukul 06.30. Seluruh siswa baru pun langsung mengikuti kegiatan salat dluha berjamaah. Setelah salat dluha, peserta Matsama dan seluruh siswa kelas XI dan XII langsung menuju lapangan yang berada di halaman madrasah. Mengenakan atribut lengkap, seluruh siswa berbaris rapi. Begitu pula dengan guru dengan mengenakan pakaian dinas putih hitam.

Apel pagi pun dimulai pukul 07.00. Sebagai pembina apel yakni Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I. Dalam sambutan dihadapan lebih dari seribu siswa, beliau mengawali sambutannya dengan mengajak seluruh siswa meneriakkan jargon Madrasah Hebat, Bermutu, dan mendunia. Teriakan jargon itu pun diikut dengan gerakan tangan yang juga ditirukan oleh seluruh peserta apel.

Kepala madrasah asli Desa Lowayu Dukun tersebut pun mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa baru MAN 1 Gresik. Keputusan memilih MAN 1 Gresik sebagai madrasah pilihan merupakan keputusan yang tepat. Madrasah ini merupakan madrasah yang beprestasi baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Prestasi terbaru MAN 1 Gresik sukses menjuarai KSM di tingkat kabupaten dan akan mewakili Gresik di tingkat provinsi. Karena memasuki lingkungan baru, maka siswa baru harus cepat beradaptasi dengan sistem pembelajaran di MAN 1 Gresik. Hal itulah yang nanti akan ditanamkan dalam kegiatan Matsama. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengenalkan satu persatu guru yang ada di MAN 1 Gresik.

Sebagai bentuk pembukaan Matsama 2024, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Matsama. Selanjutnya menerbangkan balon dengan baner bertuliskan tema Matsama 2024. Penerbangan balon Matsama 2024 pun diikuti dengan tepuk tangan seluruh siswa MAN 1 Gresik.

Setelah kegiatan pembukaan Matsama yang diikuti oleh seluruh warga madrasah, seluruh peserta Matsama langsung menuju Aula untuk mengikuti pembukaan Matsama 2024 via zoom. Pembukaan Matsama via zoom diselenggarakan oleh Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Sedangkan kelas XI dan XII langsung menuju kelas masing-masing untuk mengikuti KBM.

Setelah kegiatan pembukaan oleh Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Ada beberapa materi yang disampaikan di hari pertama Matsama. Secara bergantian peserta mendapatkan materi profil madrasah dan sistem pembelajaran di MAN 1 Gresik. kemudian sekitar pukul 10.20 kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik berkesempatan untuk memberikan materi moderasi beragama.

Tidak hanya materi, peserta Matsama juga disuguhkan penampilan extrakuriuler. Di hari pertama peserta Matsama disuguhkan penampilan dua ektrakurikuler. Dua ektrakurikuler tersebut tersebut yaitu ekstrakurikuler Movie dan Singer.

Leave a Comment