APEL PAGI HARI SENIN, WAKA KURIKULUM MAN 1 GRESIK IMBAU SISWA KELAS XII UNTUK MEMPERSIAPKAN SEJAK DINI MENUJU PTN

Mengawali pekan ketiga pada tahun ajaran baru 2024/2025 atau tepatnya pada tanggal 29 Juli 2024, MAN 1 Gresik selenggarakan apel pagi. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang juga diselingi dengan upacara bendera dan khotmil Qur’an di awal pekan. Kegiatan apel pagi diikuti seluruh guru, pegawai, dan siswa MAN 1 Gresik.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB. Kegiatan dimulai tepat setelah jamaah salat dluha kelas X selesai dan mulai turun dari musala. Seluruh peserta apel dengan baju putih lengkap dengan atribut berjajar rapi di halaman madrasah. Bertugas sebagai pembina upacara yakni Waka Kurikulum MAN 1 Gresik, Ibu Siti Amriyah, S.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Siti Amriyah, S.Pd menyampaikan pesan kepada seluruh angkatan siswa MAN 1 Gresik mulai dari kelas XII hingga kelas X. Pada siswa kelas XII beliau berpesan agar nilai jangan sampai turun, karena di semester inilah merupakan titik akhir penilaian yang digunakan untuk menembus PTN. Kemudian dari 400 siswa yang saat ini duduk di kelas XII, hanya 40% siswa yang berhak masuk data PDSS dan bersaing masuk PTN jalur SNBP. Maka apabila ada nilai yang belum tuntas di semester-semester sebelumnya, maka segera datangi guru pengampu mata pelajaran tersebut untuk minta perbaikan.

Persaingan masuk PTN sangat ketat, maka Ibu Siti Amriyah berpesan agar siswa kelas XII belajar dengan sungguh-sungguh. Kalau tidak lolos PDSS maupun SNBP langsung fokus di UTBK SNBT jalur tulis. Menurutnya soal-soal UTBK tidak sulit, namun perlu pembiasaan yang terus dilatih setiap hari. Siswa MAN 1 Gresik harus mengoptimalkan di jalur SNBT, jangan sampai di jalur Mandiri. Jalur mandiri saat ini biaya sangat mahal.
Kemudian untuk kelas XI, beliau berpesan agar fokus belajar dan meningkatkan prestasi. Kalau sudah ditentukan ditempatkan di salah satu kelas, maka tidak perlu minta untuk pindah. Tetap di kelas itu saja. Kelas apapun memiliki kesempatan yang sama untuk masuk di PTN jurusan apapun. Maka fokus di kelas yang sudah ditentukan. Selain itu saat ini sudah banyak lomba yang diselenggarakan oleh berbagai universitas-universitas. Ikuti kompetisi tersebut karena apabila beprestasi dalam kompetisi yang diselenggarakan universitas, terdapat hadiah golden tiket. Golden tiket tersebut dapat digunakan untuk masuk ke PTN yang dituju tanpa tes.
Untuk siswa kelas X, Ibu Siti Amriyah, S.Pd mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa baru. Semoga selama sekolah di MAN 1 Gresik selalu kerasan. Selain itu optimalkan kesempatan di MAN 1 Gresik untuk menggali potensi baik akademik maupun nonakademik.

Setelah kegiatan apel, pengurus OSIS mengumumkan juara lomba Kirab 1 Muharram yang diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2024. Adapun juara lomba kirab 1 Muharram yaitu,
Juara 1 Kelas XII-1
Juara 2 kelas XII-10
Juara 3 kelas XII-11
Penyerahan hadian diberikan langsung oleh kepala MAN 1 Gresik.

Leave a Comment