TANAMKAN NILAI KEPEDULIAN SOSIAL, MAN 1 GRESIK DISTRIBUSIKAN 282 DAGING KURBAN PADA IDUL ADHA 1445 H

Bulan Dzulhijah merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Keistimewaan tersebut dikarenakan pada bulan tersebut umat Islam di dunia memeringati hari raya Idul Adha. Hari raya yang diperingati dengan penyembelihan hewan kurban yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di MAN 1 Gresik. kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 19 Juni 2024. Kegiatan tersebut melibatkan pengurus OSIS dan seluruh guru MAN 1 Gresik.

Sebelum penyembelihan hewan kurban, kegiatan Talkshow bertema Optimalisasi Nilai-Nilai Berkurban 1445 H dalam Dunia Pendidikan madrasah. Sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut yakni K.H. Fathan Anwari, S.Pd.I. dalam talkshow tersebut beliau banyak mengulas tentang nilai-nilai kurban dan sejarah kurban. Sejarah kurban sendiri diulas berdasarkan nadzar Nabi Ibrahim AS yang saat itu menyatakan bahwa sepenuihnya mencintai Allah SWT dan meyakini bahwa semuanya milik Allah. Bahkan apabila diberikan anak dan anak itu diambil oleh Allah, maka akan diberikan. Singkat cerita Nabi Ibrahim AS diberikan anak dan Allah menagih janjinya untuk mengorbankan anaknya. Tidak hanya menyampaikan materi tentang kurban, K.H. Fathan Anwar, S.Pd.I, kegiatan tersebut juga diselingi sesi tanya jawab seputar kurban.

Pada Idul Adha 1445 H ini, MAN 1 Gresik menyembelih 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing Penyembelihan dilaksanakan mulai pukul 07.00—10.00 dan disaksikan langsung oleh seluruh guru dan panitia dari OSIS MAN 1 Gresik. Guru, pegawai dan siswa yang tergabung dalam OSIS MAN 1 Gresik tampak kompak dalam memotong, menimbang dan mengemasi daging kurban yang akan didistribusikan.

Tepat pukul 10.30 seluruh daging kurban telah dikemasi. Berdasarkan data yang dihimpun dari panitia kurban di MAN 1 Gresik terdapat total 282 kantong daging kurban yang didistribusikan kepada warga sekitar MAN 1 Gresik. Selain itu daging kurban juga dibagikan kepada beberapa pondok pesantren di sekitar MAN 1 Gresik.

Leave a Comment